Affiliate Marketing merupakan salah satu metode online marketing yang sedang naik daun beberapa tahun belakangan ini. Metode ini tidak hanya menguntungkan para pengusaha atau pelaku bisnis, tetapi juga juga Affiliate Marketer. Strategi pemasaran ini cukup mudah untuk dilakukan dan memiliki potensi untuk mendatangkan penghasilan yang besar. Selain itu, Affiliate Marketing sangat cocok untuk orang yang aktif di sosial media dan suka membuat konten.

Apa itu Affiliate Marketing?

Affiliate Marketing adalah metode online marketing berbasis komisi. Jadi, ketika Anda berhasil menjual produk, baik barang maupun jasa, maka otomatis Anda akan mendapatkan uang atau komisi dari penjualan produk tersebut. Dengan demikian, Anda tidak perlu untuk memiliki produk atau jasa untuk dijual, namun Anda dapat membantu dalam memasarkannya secara online. Jika Anda ingin mendapatkan hasil dari Affiliate Marketing secara maksimal, maka Anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Daftar program afiliasi
    Apabila Anda ingin menjadi seorang Affiliate Marketer, hal pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan diri pada program affiliate marketing di suatu perusahaan web afiliasi, seperti Lazada, Shopify, Hostinger, dan sebagainya. Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan link afiliasi atau biasa disebut juga dengan Kode Referral. Pada link tersebut, terdapat ID affiliate yang berfungsi untuk mencatat semua transaksi yang berasal dari ID tersebut. Dengan demikian, Anda akan mengetahui besaran komisi yang akan diperoleh.
  2. Promosikan produk
    Anda akan mempromosikan produk dari perusahaan tersebut di media online yang Anda miliki. Jangan lupa untuk menyisipkan Kode Referral di konten Anda.
  3. Orang-orang menggunakan Kode Referral Anda
    Ketika orang tertarik dengan produk yang Anda promosikan, maka orang tersebut akan melakukan “klik” melalui Kode Referral yang ada di media promosi Anda.
  4. Dapatkan komisi
    Setelah itu, Anda akan mendapatkan komisi jika ada orang yang membeli melalui Kode Referral tersebut. Besaran komisinya bervariasi, tergantung dari produk yang dijual.

Tips menjadi Affiliate Marketer yang sukses

Anda tidak membutuhkan banyak hal untuk mengikuti program affiliate marketing. Namun, ada beberapa hal umum yang pasti dibutuhkan untuk semua program afiliasi:

  1. Pilih dan daftar program afiliasi terbaik
    Saat ini, terdapat banyak perusahaan yang menawarkan program affiliate marketing. Setiap perusahaan memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing. Perhatikan kesesuaian produk yang mereka tawarkan dengan niche dan audiens kamu, persentase komisi yang ditawarkan, pencairan komisi, dan detail lainnya.
  2. Pahami target audiens dan produk yang Anda promosikan
    Memahami target audiens merupakan hal yang penting. Dengan begitu, Anda bisa memilih produk yang tepat untuk dipromosikan sesuai dengan kebutuhan dan jawaban permasalahan mereka. Selain itu, Anda perlu untuk mempelajari setiap produk yang akan dipromosikan. Temukan Unique Selling Point (USP) dari produk tersebut,  sehingga audiens tertarik dengan produk yang dipromosikan.
  3. Tentukan media promosi
    Untuk melakukan promosi, Anda perlu memiliki media promosi. Pastikan media promosi yang Anda gunakan adalah media yang diperbolehkan oleh penyedia program afiliasi. Baik itu berupa blog, media sosial, atau channel YouTube. Apabila Anda belum memiliki blog, jangan khawatir. Anda bisa mencari caranya di search engine favorit Anda. Biasanya, terdapat digital agency yang sering memberikan panduan membuat blog. Anda bisa mengikuti panduan tersebut dan langsung memulai program affiliate marketing Anda.
  4. Buat konten yang menarik
    Anda perlu memahami target audiens dan produk yang Anda promosikan. Gabungkan kedua hal tersebut dalam melakukan perencanaan pembuatan konten. Dengan melakukan langkah tersebut, Anda dapat membuat konten yang menarik. Konten yang menarik akan membuat audiens lebih tertarik menonton dan melihat produk yang Anda promosikan.
  5. Fokus pada niche tertentu
    Fokus pada niche tertentu adalah strategi untuk membangun kepercayaan audiens. Audiens tentunya lebih percaya dengan review yang dibuat oleh ahlinya. Dengan fokus pada niche tertentu, Anda secara tidak langsung membangun narasi bahwa Anda ahli di bidang tersebut.
  6. Berikan Call to Action (CTA)
    Anda memerlukan sebuah Call to Action (CTA) untuk mengajak audiens menggunakan Kode Referral Anda. CTA adalah petunjuk atau perintah kepada audiens untuk melakukan suatu tindakan. CTA dapat berupa gambar atau teks serta dapat disesuaikan dengan media yang Anda gunakan.

Affiliate Marketing memang menguntungkan bagi pelaku bisnis dan Affiliate Marketer. Tidak hanya affiliate marketing, tetapi digital agency juga dapat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis sehingga mendatangkan keuntungan yang lebih banyak. PT. Suitmedia Kreasi Indonesia sebagai digital agency Indonesia dan digital agency Jakarta dapat membantu pengembangan bisnis dan brand Anda dengan transformasi digital, melalui strategi, pengembangan produk, dan komunikasi kreatif.


Penulis: Achmad Arif Widodo (Digital Media Planner)