Memasuki di penghujung akhir tahun 2016 kita dapat melihat perkembangan teknologi aplikasi seluler terus berkembang dan menciptakan tren tersendiri di tiap tahunnya. Sebagai platform media aplikasi seluler, Apps Store dan Play Store di tahun ini telah banyak merilis aplikasi terbaiknya. Aplikasi yang paling mencuri perhatian oleh banyak pengguna di tahun 2016 diantaranya adalah aplikasi editing foto Prisma, Snow, PicArts hingga foto Grid. 

Play Store menobatkan PicArts sebagai aplikasi dengan grafis terbaik sedangkan Snapchat menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di App Store. Untuk meningkatkan kemampuan kebugaran dan kesehatan aplikasi semacam 7 minute workout juga masuk pilihan terbaik di Play Store maupun App Store, selain itu aplikasi smule dan dubsmash menjadi aplikasi hiburan terbaik.

Di Indonesia sendiri penggunaan aplikasi masih dikuasai oleh e-commerce sedangkan aplikasi transportasi masih menjadi aplikasi on-demands di masyarakat.

Head of mobile division Suitmedia Ardian Franindo menjelaskan aplikasi yang paling banyak disukai di tahun 2016 ini adalah aplikasi yang dapat mewadahi keinginan dan kebutuhan secara personal tetapi dapat dibagikan atau berinteraksi ke rekan dunia maya. "Begitu pula untuk di tahun 2017 depan, aplikasi seluler sebagai wahana mengikutsertakan pengguna melalui pemenuhan kebutuhan personal dan interaksi sosial masih menjadi primadona sedangkan aplikasi penunjang kebutuhan personal seperti aplikasi e-commerce dan transportasi masih akan digemari." ujarnya dalam pers rilis yang diterima di Jakarta, Senin (2/1/2017).

Dari tren yang hadir tersebut, prediksi aplikasi yang akan menjadi tren di tahun 2017 adalah jika memenuhi poin-poin personifikasi dan interaksi sosial serta dapat dikombinasikan yang bisa menghibur dan juga meningkatkan kemampuan maupun pengetahuan. Kemudian terdapat integritas di mobility, sosial, dan hingga kemudahan melakukan transaksi. Untuk UX (user experience) terjadi pergeseran dari side menu menjadi tab menu karena di tahun 2017 para pengguna aplikasi makin menginginkan aplikasi yang lebih simple, mudah diakses, dan fokus pada fungsi utama tetapi side menu masih diperlukan untuk aplikasi yang kaya konten seperti aplikasi berita.

Apapun tren aplikasi yang akan terjadi di tahun besok, poin utama yang harus diperhatikan dalam pembuatan aplikasi adalah menentukan tujuan solusi permasalahan dan bisa memenuhi kebutuhan dari target pemakainya serta juga perlunya fitur-fitur yang lebih membuat kedekatan dengan penggunanya.

Sumber : Warta Ekonomi