Tidak mengherankan jika digitalisasi saat ini terjadi di mana-mana. Kita bisa melihatnya dengan mata kepala sendiri dan merasakannya secara langsung, saat ini mustahil untuk memisahkan orang dari gadgetnya. Meskipun tampak seperti sesuatu yang buruk, akan tetapi digitalisasi memberikan bantuan yang besar ke banyak industri bisnis, terutama pada industri kecantikan, terlebih ketika ingin mendapatkan potential customers untuk brand mereka. Fleksibilitas yang diberikan, seperti dapat mendengarkan keinginan pelanggan melalui banyak platform social media memberikan kemudahan pada brand untuk mengetahui produk mana yang diinginkan customers sehingga brand dapat memutuskan produk yang dapat mereka jual selanjutnya.

Selama beberapa tahun terakhir, salah satu bentuk digitalisasi yang paling menonjol adalah meningkatnya penggunaan seluler dalam mengakses konten media, terutama video, yang mencakup berbagai genre. Nah, ternyata video terkait kecantikan adalah salah satu jenis konten yang paling banyak dicari orang, hingga kemunculan kueri terkait kecantikan tidak hanya diamati dari search engine, tetapi juga dari pencarian platform streaming video. Selain itu, mobile devices memungkinkan potential customers untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka tentang produk atau brand kapan saja dan di mana saja sehingga akses seluler ke produk atau kehadiran digital brand memainkan peran besar bahkan pada pembelian secara offline. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap players atau brand, terutama di industri kecantikan untuk memastikan aksesibilitas kehadiran digital dalam berbagai bentuk seperti situs mobile-friendly, konten video, dan juga partnerships dengan beauty content creators untuk mendapatkan kepercayaan dari potential customer.

Untuk membuat situs yang mobile-friendly tentunya diperlukan mobile development pada situs brand. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sangat penting untuk memastikan aksesibilitas customers kepada produk yang dimiliki brand secara digital. Terlebih saat ini kebanyakan orang mencari referensi melalui mobile app yang ada di gadget mereka.

Pada saat ini, teknologi AR yang masih terus berkembang, membuatnya dapat menjadi pilihan bagi brand kecantikan untuk menjalin partnership dengan perusahaan teknologi berbasis AR dan mengembangkan fitur uji coba kecantikan AR di mobile devices untuk pelanggan. Fitur-fitur tersebut juga dapat digabungkan dalam brand mobile app yang berisi informasi produk, loyalty program, promosi, dan review sections. Selain itu, perusahaan juga  dapat melanjutkan upaya optimalisasi keywords, mobile sites, dan video content atau partnership.

Fitur AR dapat menghadirkan pengalaman baru dan menarik untuk customers yang dapat membantu keterlibatan langsung sekaligus mengedukasi tentang informasi produk, sehingga dapat membantu customers dalam mempercayai brand dan membuat keputusan yang tepat dalam memilih produk ataupun brand. Selain itu, orang-orang masih melakukan pembelian secara offline namun terlebih dahulu melakukan research secara online, kehadiran digital pada hasil pencarian dan aksesibilitas informasi seluler juga sangat penting dan diperlukan untuk memastikan customers benar-benar membuat pilihan yang tepat. Seperti yang diamati, bahwa perjalanan pelanggan tidak berhenti pada pembelian, penting juga adanya keterlibatan pasca pembelian seperti memberikan review, membuat  tutorial, dan banyak konten lainnya yang dapat disampaikan melalui mobile app. Strategi-strategi ini secara keseluruhan akan menguntungkan brand kecantikan karena lebih banyak pelanggan akan terinspirasi untuk mengetahui, mempercayai, membeli, terlibat, dan menjadi setia kepada brand.

Author: Alicia Lizbeth (Sr. Mobile Analyst)