Untuk melihat kondisi atau peluang pengembangan bisnis Anda, baik bisnis secara umum atau bisnis produk dan layanan digital, ada suatu metode analisis yang bisa dilakukan, yaitu analisis SWOT, yang merupakan singkatan dari analisis Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat.

Apakah itu Analisis SWOT?

Analisis SWOT adalah sebuah metode yang dapat membantu anda untuk menganalisis kondisi bisnis Anda baik secara internal maupun eksternal yang dapat digunakan sebagai pertimbangan bagi Anda untuk menentukan strategi atau langkah berikutnya untuk bisnis Anda. Analisis dari sisi internal seperti kelebihan atau kekuatan yang dimiliki dan juga kelemahan yang menghambat bisnis. Sedangkan analisis dari sisi eksternal seperti ancaman baik dari kompetitor maupun ekosistem, dan setelah itu mengidentifikasi peluang-peluang yang dapat diambil bisnis Anda.

Apakah itu kegunaan dari analisis SWOT?

Analisis SWOT dapat digunakan untuk benar-benar melihat kondisi bisnis Anda, yang mungkin sebelumnya terlewatkan. Dengan benar-benar menganalisa dan menyadari kekuatan yang Anda miliki, kelemahan yang sebelumnya Anda luput, dan ancaman yang belum Anda antisipasi sebelumnya, Anda akan memiliki pandangan baru yang akan membantu Anda dalam menemukan peluang-peluang baru dan merancang strategi bisnis kedepannya.

Kapan analisis SWOT dapat dilakukan?

Analisis SWOT dapat dilakukan saat Anda ingin membuat strategi baru ke depannya atau mengembangkan sesuatu yang baru dan secara periodik untuk menilai kondisi bisnis Anda. Analisis SWOT dapat membantu Anda untuk memformulasikan langkah-langkah yang lebih tepat pada saat membuat strategi baru untuk bisnis. Untuk kasus pengembangan produk digital contohnya, analisis SWOT terhadap produk digital Anda, contohnya website dan aplikasi mobile, dapat digunakan untuk melihat apa yang dapat Anda kembangkan, seperti pengembangan fitur atau layanan, untuk produk digital tersebut. Melakukan analisis SWOT juga Anda jadian bagian dari analisis performa periodik bisnis atau produk digital Anda sehingga Anda tidak terlewatkan akan segala ancaman yang harus anda antisipasi atau peluang-peluang yang dapat Anda raih.

Bagaimana cara membuat analisis SWOT?

Pembuatan analisis SWOT secara dasarnya dilakukan dengan cara membuat daftar kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang bisnis Anda. Namun agar memudahkan Anda melihat aspek-aspek tersebut secara holistik dan membandingkannya satu sama lain, sehingga Anda dapat lebih mudah menemukan kesimpulan, Anda dapat menggunakan matriks analisis SWOT.

Matriks analisis SWOT adalah matriks 2x2 dimana di baris pertama Anda isi dengan kekuatan dan kelemahan bisnis Anda, dan baris kedua diisi dengan peluang dan ancaman. Dengan melihat daftar keempat komponen ini saling bersisian, selain membuat Anda dapat melihat ke semuanya sekaligus secara efisien, hal ini akan memudahkan Anda untuk membandingkan, melihat keterkaitan, mendeteksi ketidak konsistenan, dan pada akhirnya memudahkan Anda dalam membuat kesimpulan secara keseluruhan.

STRENGTH

  • Apa kelebihan Anda?
  • Apa keunikan yang Anda miliki dibanding yang lain?

WEAKNESS

  • Apa kekurangan Anda yang dapat menghambat bisnis Anda?
  • Hal apa yang tidak atau kurang Anda miliki dibanding yang lain?

OPPORTUNITY

  • Adakah celah atau peluang yang dapat Anda manfaatkan?
  • Apakah Anda dapat mengubah kekuatan yang Anda miliki menjadi peluang?

THREAT

  • Apa yang dapat menjadi ancaman bagi Anda?
  • Apa yang kompetitor Anda lakukan?

Akan lebih baik apabila Anda melakukan analisis bersama dengan tim Anda atau dengan orang lain. Dengan ini terdapat berbagai sudut pandang dan perspektif, dan juga menghindari jika ada hal-hal yang mungkin Anda lewatkan.

Contoh analisis SWOT suatu produk digital:

STRENGTH

  • Terdapat target pasar yang sesuai dengan layanan yang ditawarkan
  • Fitur-fitur aplikasi beragam yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan pasar

WEAKNESS

  • Kurangnya tenaga sumber daya
  • Kurangnya kecepatan pengembangan akibat kurangnya sumber daya

OPPORTUNITY

  • Belum banyaknya aplikasi yang dikembangkan untuk bidang ini
  • Adanya momen yang tepat untuk merilis aplikasi

THREAT

  • Keterlambatan pengembangan yang menyebabkan terlewatnya momen rilis yang tepat

Salah satu contoh langkah yang dapat dilakukan berdasarkan analisis SWOT ini, adalah pengurangan fitur produk digital yang akan dirilis menjadi fitur-fitur paling utama untuk mengakali keterbatasan sumber daya agar aplikasi dapat dirilis di momen yang tepat.

Contoh diatas adalah contoh analisis SWOT pengembangan produk digital dan umum dilakukan digital agency, namun hal ini juga dapat diterapkan untuk produk non digital atau bisnis secara keseluruhan.

Penulis : Shauma Hayyu Syakura