Tidak dapat dipungkiri lagi kini website menjadi salah satu sarana informasi digital yang populer digunakan oleh banyak organisasi, perusahaan maupun bisnis. Terlebih lagi dengan adanya kemajuan teknologi yang selalu dinamis membuat kehadiran tampilan website semakin beragam hingga mampu menciptakan tren di setiap tahunnya. Memasuki tahun 2017 ini ada beberapa prediksi tren yang akan mendominasi desain website yang akan banyak populer digunakan oleh berbagai website yang mewakili organisasi, perusahaan maupun bisnis.

Pertama, berakhirnya era flat design. Pada masa kejayaannya dari tahun 2015-2016, jumlah website yang mengadopsi flat design sangatlah banyak. Hal ini dikarenakan flat design menawarkan konsep desain yang straightforward dengan mengeliminasi elemen yang tidak diperlukan. Namun dengan seiring berjalannya waktu, kita dapat melihat semua titik di mana semua website terlihat sama. Secara visual tidak ada yang membedakan satu website dengan website yang lain.

Kedua, mobile first design. Mobile device (smartphone dan tablet) telah mengalahkan desktop dari segi web traffic. Artinya akan makin banyak user mengakses website menggunakan mobile device daripada desktop. Tren yang dapat diprediksi adalah akan banyak website yang mengadopsi mobile first design di mana kompleksitas menu website akan berkurang.

Ketiga, kebangkitan kembali multi page website. Tren website yang paling banyak diadopsi di tahun ini adalah konsep single page website, di mana semua konten disajikan dalam 1 halaman website. Tren ini sangat bagus dari sisi user engagement dimana behavior user untuk melakukan scroll dapat menampilkan konten yang lebih banyak. Namun single page website mengurangi organic search karena hampir semua keyword content berada di halaman yang sama dan dengan selalu meningkatnya harga PPC (pay per click) ads.Multi page website diprediksi akan kembali bangkit.

Terakhir, berkurangnya penggunaan stock photograph. Tidak dipungkiri bahwa gambar merupakan aset krusial dalam sebuah website. Namun penggunaan stock photography sudah terlalu melampaui batas. Penggunaan stock photography yang berlebihan akan menghancurkan brand website itu sendiri. Yang dapat diprediksi tahun depan adalah semakin banyak website owner akan menggunakan original photo atau illustration untuk merepresentasikan visi/brand mereka.

 Narasumber : Bobby (Head of Front-End Developer)