Big data telah memberikan berbagai perubahan signifikan pada berbagai industri, termasuk industri pendidikan. Big data merupakan kumpulan data bervolume tinggi, kecepatan tinggi, dan/atau keragaman tinggi. Dengan bantuan digital agency, data tersebut dianalisis untuk mengetahui pola, tren, dan asosiasi yang berkaitan dengan perilaku dan interaksi manusia untuk memberikan peningkatan wawasan, pengambilan keputusan, dan proses otomatisasi. Karena memiliki data yang terus berkembang, proses analisis tidak dapat dilakukan dengan teknik pengolahan data konvensional.

Big data digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan operasional, menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik, membuat personalisasi marketing campaign berdasarkan preferensi spesifik dari konsumen, dan meningkatkan profitabilitas. Bisnis yang memanfaatkan Big data memiliki keunggulan yang kompetitif dibandingkan dengan yang tidak, karena mereka dapat membuat keputusan bisnis yang lebih cepat dan lebih banyak data, apabila mereka menggunakan data tersebut secara efektif.

Big data telah mengubah sektor pendidikan

Saat ini, e-learning dan kelas online menjadi sangat populer di dunia pendidikan. Hal ini menciptakan sejumlah data yang besar terkait dengan pelajar dan fakultas, serta mengubah sektor pendidikan melalui cara berikut:

  • Wawasan untuk meningkatkan sistem

Dengan memanfaatkan data yang telah dianalisis, institusi akan mendapatkan wawasan yang dapat digunakan untuk meningkatkan sistem pendidikan.

  • Menciptakan kelas yang efektif dan lebih seru

Big data membantu organisasi menciptakan sebuah revolusi sistem dimana siswa dapat belajar secara efektif dan seru.

  • Sistem pembelajaran yang lebih personal

Kemampuan untuk melacak segala aspek dari aktivitas siswa menjadi lebih mudah untuk membuat personalisasi program kepada setiap siswa. Proses pembelajaran ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan setiap siswa.

  • Lingkungan pembelajaran yang optimal

Sistem pembelajaran yang lebih personal bagi siswa akan menciptakan situasi belajar yang lebih optimal juga bagi siswa.

Manfaat menggunakan Big data bagi siswa dan pengajar

Digital agency dapat memandu penggunaan big data untuk membantu institusi pendidikan dalam beradaptasi dengan kebutuhan siswanya. Hal tersebut membantu dalam mengembangkan kelas baru, strategi pengajaran, dan dasar kurikulum yang siswa inginkan dan butuhkan. Itu juga membantu institusi mengoptimalkan sumber daya dan sebagai hasilnya, hal tersebut akan meningkatkan performa mereka.

Dengan mengimplementasikan proses pembelajaran yang personal, siswa dapat belajar dengan caranya tersendiri, untuk memastikan mereka memahami materi yang diberikan. Dengan bantuan Big data, pengajar dapat menentukan di area mana siswa unggul dan mana yang butuh untuk dibantu.

Sistem Big data membantu pengajar untuk menilai siswa secara akurat, dengan terus memonitor progres dan keunggulan mereka. Sebuah laporan dapat dikembangkan untuk menunjukkan bidang minat siswa yang akan membantu mereka dalam menentukan karir. Laporan tersebut juga akan menampilkan area yang perlu untuk diperhatikan sehingga pengajar dapat menentukan cara terbaik untuk menolong mereka.

Penulis: Niken Sawitri (Technical Lead)