Di era ini, kebanyakan orang memerlukan sebuah solusi lengkap yang dapat membuat hidup mereka menjadi lebih mudah. Hal ini membuat perusahaan harus membuat sebuah solusi yang dapat memenuhi kebutuhan pasar, salah satunya adalah aplikasi mobile. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan apakah tren aplikasi mobile di Indonesia dan penggunaan internet merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindarkan.

Tren Aplikasi Mobile terbaru di Indonesia

Saat ini, mobile development untuk aplikasi telah digunakan secara besar dalam sebuah bisnis. Meskipun didominasi oleh industri hiburan dan gaming, dunia aplikasi saat ini telah memiliki beragam fungsi, antara lain:

  1. Aplikasi Media Sosial & Komunikasi
    Dengan adanya aplikasi media sosial & komunikasi, orang dapat lebih mudah berinteraksi dengan yang lainnya tanpa batasan.
  2. Aplikasi On-Demand
    Saat ini memesan makanan, berpergian, berbelanja, mengirim paket dapat dilakukan melalui telepon genggam semudah menggeser dan menyentuh layar.
  3. Aplikasi Pembayaran Digital
    Aplikasi pembayaran digital yang terintegrasi dengan aplikasi on-demand atau aplikasi e-Commerce memudahkan konsumen dalam melakukan pembayaran yang memungkinkan konsumen untuk melakukan pembayaran tanpa kontak melalui smartphones.
  4. Aplikasi e-Commerce
    Semakin banyak bisnis e-Commerce yang membuat aplikasi untuk bisnisnya. Aplikasi mobile pada bisnis e-Commerce membuat pengalaman berbelanja menjadi lebih mudah dan pengalaman yang berbeda.

Bagaimana aplikasi mobile membuat bisnis menjadi digital

Melihat dari seberapa cepat pasar dapat berkembang, setiap perusahaan perlu menemukan sebuah cara untuk menjangkau target audiens dengan spesifik. Di sinilah mobile development pada sebuah aplikasi berperan dalam mendorong pertumbuhan bisnis. Terdapat tiga cara signifikan mengenai cara kerjanya:

  1. Menjangkau Konsumen yang Lebih Luas & Menciptakan Brand Awareness
    Aplikasi mobile dapat memudahkan konsumen untuk mengakses bisnis Anda dimanapun dan kapanpun.
  2. Meningkatkan Efisiensi & Penjualan
    Bisnis retail yang memiliki aplikasi e-Commerce  terintegrasi, dapat meningkatkan efisiensi yang akan berpengaruh kepada peningkatan penjualan.
  3. Mengikutsertakan Konsumen dan Membuatnya Menjadi Loyal
    Aplikasi mobile merupakan langkah yang tepat untuk berkomunikasi dengan konsumen. Hal tersebut akan membantu bisnis dalam meningkatkan layanan mereka.

Keuntungan yang didapatkan oleh bisnis dari IoT

IoT atau Internet of Things tidak dapat dipisahkan dari aplikasi mobile. Di Indonesia, aplikasi mobile IoT juga dapat diadaptasi menjadi bisnis dan transformasi digital selanjutnya. Terdapat beberapa manfaat dari IoT, antara lain:

  1. Melacak Asset
    IoT dapat membantu industri logistik dan pertambangan mengindentifikasi, melacak, serta memonitor asset secara real-time. Melacak data juga dapat dibagikan dengan mudah kepada entitas pada supply chain untuk meningkatkan visibilitas dan efisiensi.
  2. Diagnosis Jarak Jauh
    Perangkat IoT juga digunakan untuk mengumpulkan detaill dan data diagnostik dari berbagai bidang yang berbeda, serta dapat didesain untuk merespon data lingkungan secara otomatis.
  3. Pemeliharaan Preventif
    Teknologi IoT membantu bisnis dalam melindungi aset berharga yang dimiliki. Perangkat IoT dapat digunakan untuk memonitor peralatan dari jauh, melacak jadwal pemeliharaan, dan menghindari malfungsi.
  4. Ikan Belanja Online
    Aplikasi mobile IoT memberikan pembeli informasi berharga mengenai penjualan dan promosi lainnya. Dengan menghubungkan langsung kepada konsumen, IoT membantu vendors fokus kepada marketing campaign dengan upaya minimal.

Kesimpulannya adalah aplikasi mobile telah menjadi solusi yang membantu kita dalam keseharian. Hal tersebut membuat aplikasi mobile sulit untuk digantikan kembali kepada kebiasaan konvensional lama. Sebagai hasilnya, kebiasaan menggunakan aplikasi mobile telah mengubah bagaimana kebiasaan di era digital ini.

Penulis: Ardian Franindo (Technical Director, Mobile Solutions)