Saat ini, transformasi pelayanan kesehatan di Indonesia sudah berubah drastis. Pada zaman dulu, ketika kita mendengar kata pelayanan sistem kesehatan, banyak orang akan berpikir tentang proses yang cukup rumit. Akan tetapi, ketika era digital masuk ke bidang pelayanan kesehatan di Indonesia dengan cepat, hal tersebut akan mempengaruhi cara berpikir dan berperilaku mengikuti perubahan digital yang terjadi.

Transformasi pelayanan dari yang tradisional ke digital juga memiliki dampak pada dunia kesehatan, dimana inovasi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas, keadilan, dan akses dari pelayanan kesehatan. Banyak orang yang mencoba mengembangkan inovasi tersebut, dimulai dari aplikasi yang dibuat oleh anak bangsa dengan tujuan meningkatkan pelayanan kesehatan, Kementrian Kesehatan yang memiliki program e-health sebagai bentuk upaya Indonesia berpartisipasi dalam gerakan WHO yaitu Sustainable Development Goal Program.

Kementerian Kesehatan juga menentukan perspektif yang tepat tentang bagaimana teknologi berproses dan ICT (Information and Communication Technologies) dalam mengembangkan kontribusi untuk mengubah sektor kesehatan, selama mempersiapkan pelayanan kesehatan yang lebih mudah untuk seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, perkembangan pengobatan jarak jauh mulai diterapkan.

Faktanya, perkembangan kesehatan digital sudah menyediakan banyak manfaat untuk pelanggan maupun strategi bisnis (penyedia tenaga medis).

Untuk bisnis:

  • Meningkatkan pengelolaan kesehatan
    Teknologi digital dapat membantu administrasi di rumah sakit seperti mengurangi antrian yang panjang dan proses registrasi pasien
  • Mengurangi jumlah rujukan
    Hal ini dapat secara langsung maupun tidak langsung akan mengurangi jumlah rujukan dan mengurangi kebutuhan pasien untuk dipindahkan
  • Alokasi dana
    Pelaksanaan pelayanan kesehatan terutama yang bersifat promotif dan preventif dilakukan diluar dari fasilitas kesehatan. Kedua hal tersebut akan membantu mengurangi penggunaan fasilitas kesehatan, sehingga dana yang tersedia dapat digunakan untuk sarana, prasarana, dan kualitas.

Untuk pelanggan:

  • Memudahkan pertukaran informasi
    Pertukaran informasi kesehatan antara pasien dan tenaga medis melalui kegunaan teknologi elektronik akan meningkatkan pelayanan kesehatan dan kesehatan pasien.
  • Dapat diakses dengan mudah
    Pasien akan lebih mudah mengakses informasi kesehatan, akses penghubung dengan dokter atau ahli, dan pengobatan pasien yang dapat dilakukan dimana saja. Tidak ada ketentuan waktu dan tempat antara pasien dan profesional kesehatan dalam berkonsultasi.
  • Hemat biaya
    Pelanggan dapat melakukan konsultasi dengan ahli kesehatan untuk mengetahui diagnosis penyakit, jadi pelanggan tidak perlu pergi ke rumah sakit ataupun klinik.
  • Efisien
    Lebih hemat waktu karena tidak perlu antre atau melakukan prosedur administrasi di rumah sakit hanya untuk konsultasi.

Lantaran beberapa manfaat yang didapatkan pelanggan, mereka bisa mengharapkan pelayanan yang terbaik untuk kesehatan mereka. Jadi, Indonesian Healthcare memberikan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, terutama untuk strategi digital untuk meningkatkan pengalaman pengguna seperti:

  • Pengalaman pengguna
    Sebagai pelanggan, mereka lebih memilih proses yang tidak rumit atau proses yang mudah untuk diterapkan. Pengguna akan merasa nyaman apabila mobile development yang dilakukan menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.
  • Konten untuk meningkatkan kepercayaan
    Membuat informasi kesehatan harus berasal dari ahli yang memiliki kredibilitas dibidangnya.
  • Keamanan data
    Menjaga data pasien untuk menghindari terjadi penyalahgunaan data pribadi untuk kepentingan perusahaan sehingga keamanan data ini menjadi faktor penting pada proses mobile development. Jadi, penyedia kesehatan lebih baik bekerja bersama dengan institusi kesehatan untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan

Pelayanan kesehatan secara digital akan berkembang dengan cepat. Pelaksanaan tren dan mengembangkan sebuah inovasi baru yang relevan dengan bisnis anda akan menjadi kunci membuat bisnis anda bertahan di era digital dan lebih didepan dari kompetitor lain.

Penulis: Laurensia Clara Sakti (Sr. System Analyst)