Kata thumbnail mungkin sudah tidak asing di telinga Anda. Umumnya, kata ini sering ditemui pada gambar digital di sebuah video, seperti YouTube. Pada aplikasi YouTube, thumbnail berperan sebagai tampilan preview gambar untuk mewakili isi dari video yang akan ditonton. 

Thumbnail adalah representasi gambar kecil dari gambar yang lebih besar. Tidak hanya di video YouTube, semua preview kecil saat membuka folder di komputer atau smartphone juga disebut dengan thumbnail

Sama halnya dengan preview gambar pada website e-commerce/toko online, Anda mungkin akan menemukan list tampilan barang sebagai display katalog visual. 

Selain membantu mempercepat pengunduhan halaman, display dengan visual menarik juga membantu Anda menemukan barang terbaik yang diinginkan.   

Tidak hanya menemukan barang terbaik, tetapi thumbnail juga dapat membantu Anda menemukan jasa atau layanan, seperti transformasi digital pada brand Anda melalui bantuan digital agency. 

Selain itu, ketika seseorang memiliki banyak gambar untuk dilihat, thumbnail dapat membantu mereka menemukan gambar yang diinginkan lebih cepat karena mereka tidak harus membuka setiap file satu per satu. 

Begitu pula dengan preview gambar yang biasanya digunakan untuk postingan blog atau artikel. Selain untuk menarik perhatian pembaca, thumbnail juga akan membantu pembaca dalam mengidentifikasi topik yang akan dibahas dalam artikel tersebut.

Thumbnail adalah titik kontak pertama audiens untuk melihat konten yang Anda sajikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan desain thumbnail konten Anda untuk menarik perhatian audiens. 

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat thumbnail yang menarik:

  • Mengatur Tata Letak (Layout)
    Luangkan waktu untuk menganalisis tata letak thumbnail untuk memastikan detail penting tidak hilang atau tidak terlihat jelas oleh audiens.
  • Sesuai dengan Isi Konten
    Jika tujuan konten Anda adalah untuk memberi tahu penonton tentang masalah tertentu, maka thumbnail Anda harus sesuai. Jangan membuat thumbnail clickbait buruk yang akan menyesatkan audiens.
  • Gunakan Kata-kata dengan Cermat
    Teks adalah salah satu taktik desain untuk menarik perhatian audiens. Jadi, gunakan beberapa kata singkat yang tidak bertele-tele untuk memberi tahu audiens tentang isi video tanpa menimbulkan kekacauan visual. 

Kata yang dipilih dengan cermat adalah kata-kata yang akan membuat penonton bertanya-tanya dan penasaran tentang isi konten Anda. 

Seperti halnya cover buku, thumbnail berperan penting dalam menjual konten dan menarik perhatian audiens, serta membantu mereka mengidentifikasi isi konten. Tidak hanya untuk konten yang Anda buat, tetapi thumbnail yang menarik juga dibutuhkan oleh perusahaan, pebisnis, start-up, dan digital agency Indonesia, khususnya digital agency Jakarta untuk mempromosikan branding dan layanannya.

Suitmedia Kreasi Indonesia sebagai digital agency Indonesia dan digital agency Jakarta juga dapat membantu Anda untuk memaksimalkan kampanye digital marketing melalui strategi dan pengembangan produk yang mengacu pada transformasi digital. 

Tidak hanya itu saja, sebagai salah satu digital marketing agency Jakarta, Suitmedia juga menyediakan layanan lainnya untuk mobile development dan web development yang bisa membantu Anda mempersiapkan masa depan bisnis Anda lebih matang.

Jadi, dengan komposisi desain yang tepat, style yang konsisten, serta tagline informasi yang menarik, tentunya thumbnail akan bekerja secara maksimal untuk menarik perhatian audiens yang Anda tuju. Selamat mencoba! 

Penulis: Hasnah Aisyah (Graphic Designer)