Jika Anda tidak asing dengan istilah UI/UX design, Anda pasti pernah mendengar sebuah program aplikasi yang bernama Figma. 

Sebagai salah satu aplikasi andalan UI/UX Designer, Figma adalah aplikasi desain grafis yang berfungsi untuk membuat desain tampilan sebuah website atau aplikasi. 

Ada alasan yang kuat terkait populernya aplikasi ini dibandingkan aplikasi design UI lainnya seperti Sketch, Adobe XD, dan sebagainya. 

Hal ini disebabkan oleh banyaknya fitur yang memenuhi kebutuhan dari seorang UI/UX Designer yang bekerja di industri kreatif seperti digital agency untuk melakukan pekerjaannya dengan efektif dan efisien. 

Tidak hanya dari sisi designer, tetapi Figma juga memudahkan para pengembangnya untuk selalu meng-update secara berkala terkait fitur-fitur yang dibutuhkan dengan mendengarkan segala masukan yang diberikan oleh penggunanya. 

Kedekatan antara pengguna dan tim pengembang di balik Figma membuat aplikasi ini memiliki basis pengguna yang setia dan menghasilkan sebuah komunitas yang sehat. Terlebih lagi, Anda dapat menggunakan Figma secara gratis!

Fungsi Figma 

Figma memiliki fungsi yang berbeda dengan aplikasi desain grafis lainnya seperti Adobe Photoshop maupun Adobe Illustrator. 

Figma memiliki fitur-fitur yang mendukung untuk mendesain UI (User Interface/Tampilan Pengguna) sebuah website ataupun aplikasi secara efektif dan efisien. 

Figma memiliki kemiripan dengan Adobe XD dan Sketch, namun ada berbagai keunggulan yang membuat Figma lebih populer dibandingkan pesaingnya. Figma memiliki beberapa fungsi, antara lain: 

  • Membuat wireframe/Low Fidelity design
  • Membuat tampilan UI/High Fidelity design
  • Membuat Prototype dan memperlihatkan hasil design
  • Mengedit gambar dengan fitur terbatas (tidak selengkap aplikasi seperti Adobe Photoshop)
  • Melakukan kolaborasi dengan designer lain maupun klien secara bersamaan
  • Membuat design untuk kebutuhan konten media sosial 
  • Membuat design mockup aplikasi mobile maupun website
  • Brainstorming ide dengan FigJam

Fitur yang dimiliki Figma

Figma memiliki segudang fitur yang menarik dan sangat membantu seorang UI/UX Designer, terutama jika bekerja sama dengan designer lain maupun dengan klien, antara lain: 

  • Design Features 

Sebagai tools design, Figma memiliki fitur yang lengkap untuk memenuhi segala kebutuhan design UI. Figma juga secara berkala meningkatkan fitur berdasarkan masukan dari user. 

Berikut ini fitur-fitur yang dilansir dari situs resmi Figma: 

  • Modern pen tool
  • Instant arc designs
  • OpenType
  • Less manual resizing
  • Stretch to fill

Selain itu, Figma juga memiliki fitur auto layout untuk membuat berbagai komponen agar dapat menyesuaikan secara otomatis ukuran tinggi dan lebarnya, serta jarak berbagai komponen yang ada didalamnya. 

Akan tetapi, fitur auto layout sedikit membingungkan di awal dan membutuhkan waktu untuk mempelajarinya. Jika sudah mengerti cara kerjanya, Anda akan ketagihan untuk menggunakan fitur ini. 

  • Prototyping Feature

Setelah membuat design, Figma memberikan fitur penting lainnya yaitu tampilan presentasi prototype design. Fitur ini dapat membuat tampilan aplikasi melakukan interaksi yang baik sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya. 

User dapat mengklik, scroll, swipe, dan melakukan interaksi lainnya dengan prototype yang telah dibuat. Fitur ini sangat berguna untuk menampilkan hasil design yang telah dibuat kepada klien maupun tim developer guna memperjelas alur dari aplikasi yang telah dibuat. 

Beberapa waktu lalu, Figma meng-update sistemnya sehingga saat ini designer dapat memasukkan video agar dapat ditampilkan pada menu present/prototype. Praktis bukan?

  • Design System Features

Figma juga memiliki fitur yang mendukung design system. Designer dapat membuat satu library komponen yang dapat digunakan berulang-ulang, bahkan pada file design yang berbeda. 

Jika ada perubahan yang diperlukan kepada semua komponen tersebut, designer hanya perlu merubah pada file master saja dan melakukan push updates. Pada file design lainnya akan ada pilihan, apakah ingin melakukan update components atau tidak. Hal ini sangat memudahkan karena hanya perlu melakukan update di satu tempat dan yang lainnya akan otomatis ter-update.

  • Collaboration Features

Butuh bekerja secara real-time dengan orang lain? Ini menjadi keunggulan Figma yang membuat banyak orang menggunakan aplikasi ini. Figma sangat mendukung kolaborasi beberapa penggunanya secara bersamaan dan terintegrasi dengan baik. 

Bekerja bersama tim maupun klien sangat mudah dengan adanya fitur ini, tentunya ditunjang dengan koneksi internet yang lancar. Dengan fitur FigJam, pengguna dapat melakukan brainstorming ide-ide secara bersamaan dengan sticky notes dan tools lainnya. 

Dengan mengedepankan kolaborasi, Figma juga membuat fitur Community agar para penggunanya dapat membantu satu sama lain dengan membuat plugin yang mempermudah berbagai proses, antara lain: 

  • Unsplash: Secara cepat menghasilkan berbagai foto dengan kualitas tinggi sesuai kata kunci yang diinginkan.
  • Similayer: Plugin untuk mencari berbagai layer dengan properti yang sama untuk dipilih dan diedit. Plugin ini sangat berguna jika membuat sebuah proyek yang cukup besar dan memiliki banyak layer.
  • Artboard Studio Mockups: Digunakan untuk membuat mockup, mulai dari teknologi (HP, laptop, dan sebagainya) hingga barang seperti botol, gelas, dan lain-lain.

Selain plugin, Anda juga dapat membuat berbagai komponen dan mempublikasikan file yang telah dibuat di Community. 

Figma juga memiliki fitur inspect yang memudahkan developer untuk melihat properties yang dimiliki oleh sebuah komponen sehingga menjadikan Figma sebagai sebuah aplikasi yang “developer-friendly”.

Figma memiliki berbagai plan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Untuk belajar dan mengerjakan proyek kecil yang dapat dikerjakan sendirian, pengguna dapat memilih Starter Plan yang gratis. Jika Anda ingin bekerja dengan tim secara bersamaan untuk  mengerjakan beberapa project, Anda dapat memilih plan yang berbayar. 

Cara Kerja Figma

Figma memiliki tampilan yang cukup mudah untuk dipahami dan cara kerja yang sederhana. Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk menggunakan Figma: 

  • Buka website figma.com atau download aplikasi desktop untuk Windows atau MacOS, lalu lakukan registrasi akun dengan akun Google Anda.
  • Setelah registrasi, Anda dapat login menggunakan akun tersebut.
  • Pada halaman dashboard, terdapat beberapa fitur yang biasanya sering digunakan.

  • Untuk membuat file baru, klik “new design file” atau klik “draft” di panel kiri jika ingin membuat draft baru.

  • Tampilan awal akan seperti ini. Ada berbagai menu di atas, panel layers dan assets di sebelah kiri, serta panel design, prototype, dan inspect di sebelah kanan.

  • Untuk membuat UI sebuah aplikasi atau website, Anda dapat memilih Frame sesuai ukuran device yang akan digunakan.

    Menu Frame ada di atas (ketiga dari kiri), dan panel kanan akan berubah menjadi beberapa pilihan ukuran frame yang dapat dipilih, mulai dari ukuran HP hingga layar desktop. Ukuran ini juga dapat diubah secara manual. 

  • Ketika sudah memilih frame (contoh: iPhone 14), maka akan muncul frame dengan ukuran pixel yang sesuai dengan layar dari device yang terpilih dan layer frame tersebut akan muncul di panel layer di sebelah kiri. Panel kanan akan berubah menjadi properties dari layer terpilih yang dapat diubah sesuai keinginan.

  • Buatlah design yang Anda inginkan. Jika sudah selesai, Anda dapat menampilkannya dengan klik menu “Prototype” di panel kanan, dan pilih device yang sesuai, lalu klik tombol iconPlay” yang ada di pojok kanan atas

  • Berikut contoh tampilan pada fitur Prototype

  • Anda juga dapat melakukan export design ke dalam beberapa format seperti PNG, JPG, atau SVG. 

Pilih frame yang ingin di-export. Lalu di panel kanan, scroll ke bawah untuk melihat menu export. Pilih format yang ingin diinginkan, kemudian klik buttonExport”. 

Keunggulan Figma

Figma memiliki berbagai keunggulan yang membuat aplikasi ini lebih populer dari program design lain seperti Sketch, Adobe XD, MarvelApp, dan sebagainya. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Figma yaitu: 

  • Akses Fleksibel
    Untuk menggunakan Figma, Anda tidak perlu mengunduh aplikasinya. Anda cukup mengaksesnya melalui browser. Namun, Figma juga dapat di-download untuk pengguna Windows maupun MacOS sehingga pengguna dapat memilih sesuai kebutuhan dan lebih fleksibel untuk digunakan.
  • Cloud Based System
    Figma menggunakan sistem berbasis Cloud, dimana semua data tersimpan secara online dan real-time. Dengan demikian, seluruh pekerjaan dapat tersimpan otomatis ke dalam Cloud setiap ada perubahan.
  • Sangat Mendukung Kolaborasi
    Hal lain yang membedakan Figma dengan kompetitornya adalah Figma sangat mendukung untuk melakukan pekerjaan kolaborasi dengan tim secara real-time. Hal ini menjadi poin penting karena anggota tim dapat berkontribusi untuk mengerjakan design tanpa memakan waktu yang lama. Figma juga telah meng-update sistemnya untuk mendukung kolaborasi tim sehingga anggota tim dapat melakukan Call di dalam file Figma dengan plan berbayar.
  • Community
    Figma sukses membangun komunitas yang saling mendukung satu sama lain. Pada fitur Community terdapat banyak plugin dan file yang dapat digunakan. Selain itu, Anda juga dapat berkontribusi dengan publish plugin atau file yang Anda buat.
  • Selalu Update
    Para pengembang aplikasi Figma selalu meningkatkan kualitas aplikasinya. Mereka terbuka dengan berbagai saran dari pengguna dan secara berkala memberikan update fitur-fitur baru kepada penggunanya.
  • Gratis
    Pengguna dapat menggunakan Figma secara gratis dengan plan “Starter”. Plan default ini sangat cocok digunakan untuk pemula yang ingin menjadi UI/UX Designer. Anda dapat mempelajari cara penggunaan aplikasi tersebut hingga mengerjakan project tanpa biaya.
  • Semuanya dalam Satu Aplikasi
    Figma memiliki sebuah fitur bernama FigJam yang sangat cocok digunakan untuk melakukan brainstorming ide dan kolaborasi terkait planning. Setelah tahap planning, Anda dapat menggunakan Figma untuk masuk ke tahap design. 

Kemudian, Anda dapat membuat prototype yang interaktif maupun mockup dari design yang Anda buat. Hal ini menunjukkan bahwa Anda dapat melakukan proses design dari awal sampai akhir dengan aplikasi yang sama.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki Figma, termasuk cara kerja yang mudah dipelajari, maka tidak heran jika aplikasi ini menjadi favorit UI/UX Designer dalam membuat prototype dan mockup design. Oleh karena itu, Figma sangat direkomendasikan bagi Anda yang akan atau sedang berkarier di industri kreatif dan teknologi, seperti digital agency Indonesia, khususnya digital agency Jakarta. Selamat mencoba! 

Penulis: Juan Prima (UI/UX Designer)