Suitmedian, tahukah kamu bahwa setiap karyawan Suitmedia dan keluarganya memiliki dua jenis asuransi kesehatan? Setiap Suitmedian memiliki asuransi BPJS Kesehatan dan asuransi khusus rawat inap dari Allianz. Lantas apa saja manfaat dari dua asuransi tersebut dan bagaimana prosedur pemakaiannya? Berikut penjelasan singkatnya.

BPJS Kesehatan

Bagi karyawan Suitmedia yang sudah terdaftar menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari BPJS Kesehatan bisa menikmati fasilitas pengobatan gratis yang sesuai dengan ketentuan BPJS Kesehatan. Setiap karyawan Suitmedia dan keluarganya (suami/ istri dengan 2 anak) berhak mendapat manfaat berupa pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis pada pelayanan kesehatan tingkat pertama serta pemeriksaan laboratorium serta rawat inap tingkat pertama. Karyawan Suitmedia dan keluarga juga akan mendapatkan pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan seperti pemeriksaan oleh dokter spesialis dan rawat inap.

Prosedur berobat dengan BPJS Kesehatan

  1. Datang ke faskes tingkat pertama (puskesmas, klinik, praktik dokter perseorangan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan) yang tertera pada kartu BPJS Kesehatan
  2. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan apabila membutuhkan perawatan lanjutan ke dokter spesialis, peserta BPJS akan dirujuk ke faskes tingkat lanjutan (Rumah Sakit)
  3. Di rumah sakit, peserta harus menunjukkan kartu BPJS Kesehatan dan surat rujukan dari faskes tingkat pertama.
  4. Dokter bisa memberikan surat keterangan kontrol, jika harus melakukan kontrol dokter rutin di rumah sakit tersebut atau bisa juga dirujuk untuk mendapat rawat inap.
  5. Jika tidak mendapat surat keterangan kontrol, maka pemeriksaan selanjutnya kembali ke faskes tingkat pertama

Prosedur berobat jika mengalami kondisi emergency

  1. Pasien dengan kondisi darurat bisa langsung ke IGD di rumah sakit
  2. Pasien (atau yang mendampingi) harus menujukkan kartu BPJS Kesehatan berupa fisik atau digital yang ada di aplikasi Mobile JKN. Jika tidak, akan dikenakan biaya seperti pasien umum biasa.
  3. Dokter akan memberi diagnosis dan perawatan rawat jalan dan/atau rawat inap akan diberikan sesuai dengan diagnosis.

Asuransi Allianz

Untuk memberikan asuransi kesehatan ekstra bagi karyawannya, Suitmedia juga bekerja sama dengan perusahaan asuransi kesehatan swasta yaitu Asuransi Allianz untuk benefit kesehatan khusus rawat inap bagi karyawannya. Setiap karyawan Suitmedia berhak mendaftarkan keluarganya untuk ikut kepesertaan asuransi Allianz (bagi karyawan pria menanggung istri dan 2 anak, karyawan wanita hanya menanggung 2 anaknya saja). Karyawan Suitmedia dan keluarga bisa memperoleh benefit penggantian biaya kamar, penggantian kamar ICU/ kamar isolasi, kunjungan dokter yang merawat, penggantian biaya pembedahan sesuai kategori (kecil, sedang, besar dan kompleks), biaya lain-lain rawat inap (biaya administrasi, pemeriksaan penunjang diagnostik, dan fisioterapi), dan perawatan sebelum rawat inap (konsultasi dokter, pemeriksaan diagnostik, dan obat-obatan).

 

Prosedur penggunaan cashless Asuransi Allianz

  1. Peserta asuransi membawa kartu Allianz dan KTP/identitas resmi lainnya ke rumah sakit jaringan Allianz
  2. Bagian administrasi rumah sakit menghubungi Medical Hotline Allianz dan meminta persetujuan rawat inap
  3. Peserta asuransi mendatangani Formulir Pelayanan Medis dan menjalani perawatan
  4. Peserta asuransi menjalani rawat inap atau melahirkan dengan menggunakan fasilitas Cashless
  5. Biaya pelayanan kesehatan akan ditanggung oleh Allianz dan apabila terdapat ekses klaim, maka akan ditagihkan kepada Suitmedia melalui perusahaan

 

Perlu diperhatikan oleh karyawan Suitmedia bahwa fasilitas Cashless Allianz tidak dapat diberikan jika: kartu peserta tidak dibawa, kartu tidak berlaku, perawatan tidak dibutuhkan secara medis, dan perawatan termasuk pengecualian polis. Dalam hal Ekses Klaim, akan dihitung berdasarkan verifikasi dokumen klaim yang diterima Allianz dan terjadi bila: pelayanan medis melebihi manfaat hak Peserta, pelayanan tidak sesuai dengan ketentuan polis (jika ini terjadi, karyawan harus membayar pelayanan kesehatan di tempat) dan terdapat revisi tagihan dari rumah sakit. Khusus pemberian otorisasi pada rawat inap, Allianz berhak untuk menolak permohonan persetujuan rawat inap serta membatalkan atau membatasi penjaminan apabila perawatan yang diberikan tidak ditanggung dalam polis.

 

“Harta sejati adalah kesehatan, bukan emas dan perak”, kata-kata bijak dari Mahatma Gandhi mengajarkan kita bahwa apapun harta di dunia ini tidak bisa menggantikan kesehatan. Yuk, tetap sehat dan bugar setiap saat.