TikTok Shop adalah fitur yang memungkinkan bisnis menampilkan produk dan menjualnya langsung dari aplikasi TikTok. Fitur ini memungkinkan bisnis menautkan ke toko online atau menampilkan produk di dalam aplikasi TikTok. Pengguna TikTok dapat melihat produk yang dijual oleh bisnis yang menggunakan fitur ini dan langsung melakukan pembelian di dalam aplikasi.

Untuk menggunakan TikTok Shop, bisnis harus terlebih dahulu mendaftar dan memenuhi syarat yang ditetapkan oleh TikTok. Setelah terdaftar, bisnis dapat menambahkan produk ke dalam TikTok Shop dan menautkan ke toko online atau menampilkan produk di dalam aplikasi. Bisnis juga dapat menggunakan fitur "Shop Now" yang tersedia di TikTok untuk menautkan ke toko online atau menampilkan produk di dalam aplikasi.

Fitur TikTok Shop dapat menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan dan menjual produk di TikTok, terutama jika bisnis Anda menargetkan pengguna muda yang merupakan kelompok demografis utama di platform tersebut. Pastikan untuk membuat konten yang menarik dan unik untuk mempromosikan produk Anda di TikTok dan memanfaatkan fitur yang tersedia untuk memaksimalkan marketing bisnis Anda di platform tersebut.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk berjualan di TikTok Shop:

  • Mendaftar untuk menggunakan TikTok Shop
    Anda dapat melakukan pendaftaran melalui halaman TikTok for Business di situs web TikTok. Pastikan untuk memenuhi syarat yang ditetapkan oleh TikTok sebelum mendaftar.
  • Menambahkan produk ke TikTok Shop
    Setelah terdaftar, Anda dapat menambahkan produk ke TikTok Shop dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh TikTok. Anda akan diminta untuk menambahkan informasi produk seperti judul, harga, deskripsi, dan gambar produk.
  • Menautkan ke toko online atau menampilkan produk di dalam aplikasi
    Setelah menambahkan produk ke TikTok Shop, Anda dapat menautkan ke toko online atau menampilkan produk di dalam aplikasi. Jika Anda menautkan ke toko online, pengguna TikTok dapat melakukan pembelian di toko online Anda. Jika Anda menampilkan produk di dalam aplikasi, pengguna TikTok dapat melakukan pembelian di dalam aplikasi TikTok.
  • Membuat konten yang menarik dan unik
    Setelah menambahkan produk ke TikTok Shop, pastikan untuk membuat konten yang menarik dan unik untuk mempromosikan produk Anda di TikTok. Anda dapat menggunakan fitur seperti "Shop Now" untuk mempromosikan produk Anda di TikTok.
  • Memantau dan menganalisis hasil penjualan
    Setelah memulai berjualan di TikTok Shop, pastikan untuk memantau dan menganalisis hasil penjualan Anda secara teratur. Ini dapat membantu Anda mengetahui produk yang paling laku dan membuat keputusan marketing yang lebih tepat di masa depan.

Dengan langkah-langkah di atas, maka Anda dapat memulai pengembangan bisnis, perusahaan, dan digital agency melalui media sosial, terutama melalui TikTok Shop. Selain itu, Anda dapat memulai perkembangan bisnis bersama dengan PT. Suitmedia Kreasi Indonesia, digital agency Indonesia dan digital agency Jakarta yang dapat membantu pengembangan bisnis dan brand Anda dengan transformasi digital, melalui strategi, pengembangan produk, dan komunikasi kreatif.

Penulis: Hanifa Muslima (Senior Digital Media Specialist)

Editor: Jessica Patricia (Content Marketing)