Beberapa orang maupun pebisnis pasti sudah tidak asing dengan istilah social media advertising, khususnya menggunakan platform yang dimiliki Meta seperti Facebook dan Instagram. Dalam menentukan konten iklan yang tepat, Anda perlu mencari referensi konten yang dibuat oleh kompetitor atau brand sejenis menggunakan Facebook Ad Library. 

Jika masih asing dengan tool ini, Facebook Ad Library adalah salah satu fitur gratis yang disediakan oleh Facebook. Fitur ini digunakan untuk melihat berbagai macam iklan yang sedang tayang di berbagai platform yang dinaungi oleh Meta. Elemen iklan yang bisa dilihat yaitu gambar, video, ad copy, hingga kapan iklan tersebut pertama kali dijalankan.

Keberadaan Facebook Ad Library sangat penting karena memudahkan Anda untuk melihat iklan yang sedang dijalankan oleh kompetitor maupun mencari inspirasi dalam proses pembuatan konten iklan untuk bisnis. 

Meskipun tidak bisa mendapatkan informasi seputar audiens secara geografis, biaya yang dikeluarkan, atau detail lainnya melalui Facebook Ad Library, kita masih bisa mendapatkan informasi lainnya seperti :

  1. Format dan Formula Ad Copy
    Banyak ide baru tentang ad copy yang bisa didapatkan dari Facebook Ad Library. Dengan melihat ad copy yang dibuat oleh kompetitor atau brand sejenis, Anda lebih mengetahui bagaimana cara mereka membuat copywriting, mulai dari pemilihan kata, panjang copy, hingga cara mereka membuat call-to-action yang menarik.
  2. Pemilihan Ad Creative
    Konten iklan adalah hal pertama yang diperhatikan oleh semua orang sebelum membaca tulisan ataupun informasi yang lebih lengkap. Penggunaan konten iklan yang kreatif dan menonjol akan menarik perhatian orang untuk membaca tulisannya. Ad creative yang beragam akan memudahkan Anda untuk menjangkau audiens yang berbeda-beda
  3. Promo yang Ditawarkan.
    Agar bisnis Anda tetap bisa bersaing dengan kompetitor, Anda perlu mempelajari seputar promo apa saja yang mereka tawarkan untuk menarik konsumen. Dengan mengetahui promo yang diiklankan oleh kompetitor, hal tersebut membantu Anda dalam menentukan strategi yang berdampak positif bagi bisnis.

Ketika melakukan riset menggunakan Facebook Ad Library dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan, maka otomatis Anda dapat membuat konten iklan yang jauh lebih baik dari milik kompetitor. Upaya ini dapat mendatangkan peluang yang lebih besar bagi iklan Anda untuk diminati oleh target audiens. 

Selain itu, ketika mengamati berbagai macam konten iklan di Facebook Ad Library, Anda menjadi lebih paham strategi yang sedang dilakukan oleh kompetitor sehingga dapat menyesuaikan strategi tersebut ke strategi yang akan kita diterapkan.

Selain melakukan riset Facebook Ads dengan Facebook Ad Library,  Anda dapat membuat konten iklan yang lebih baik dengan bantuan digital agency. PT. Suitmedia Kreasi Indonesia sebagai digital agency Indonesia dan digital agency Jakarta menawarkan berbagai strategi digital ads, pengembangan produk, dan komunikasi kreatif yang dapat membantu pengembangan bisnis dan brand Anda. 


Penulis: Febrilia Endah (Media Specialist)