Sekilas, membuat teks iklan mungkin terdengar mudah dan sederhana. Nyatanya membuat teks iklan yang menarik dan impactful dapat dikatakan susah-susah gampang, terlebih bagi Anda yang memang tidak terbiasa menulis atau kurang menguasai kemampuan menulis kreatif. Meski begitu, bukan berarti pembuatan teks iklan menjadi mustahil untuk Anda pelajari dan kuasai. Biasa diterapkan di berbagai digital agency, lima Tips di bawah ini dapat membantu Anda untuk membuat teks iklan yang menarik. Simak penjabaran berikut!

 

  1. Kenali siapa target audience yang dituju oleh iklan
    Mengenali dengan baik siapa target audience dari iklan bisnis Anda dapat memberikan kemudahan untuk menentukan teks iklan yang sesuai. Misalnya untuk audience dalam rentang usia muda, konten teks iklan dapat dibuat dengan bahasa informal kekinian dan beberapa sisipan bahasa argot anak muda, sedangkan untuk audience di rentang usia matang bisa digapai dengan bahasa yang cenderung semiformal dan terarah. Contohnya ketika Anda ingin mengiklankan aplikasi jasa tutor belajar online, Anda perlu mengenali siapa target audience utama dari iklan Anda, apakah orang tua yang notabene merupakan pengambil keputusan dalam keluarga atau sang anak yang nantinya akan menjadi pengguna dari aplikasi tersebut. Jika anda menjadikan orang tua sebagai target audience utama, Anda dapat membuat teks iklan berupa “RuangTutor, Solusi Terbaik untuk Prestasi Gemilang. Daftarkan anak Anda Sekarang!”. Sedangkan jika Anda menjadikan sang anak sebagai target audience utama, Anda dapat menyusun teks iklan seperti “RuangTutor, Online Tutor Anti Gagal! Join buat gabung jadi auto smart squad!”.
  2. Riset trend untuk menemukan insight terkini
    Mengetahui trend terkini dapat membuat Anda lebih mudah dalam menyusun teks iklan yang menarik. Anda akan menemukan berbagai pick-up lines yang sedang hits, beberapa kalimat yang sedang ramai digunakan serta kecenderungan topik konten yang populer untuk Anda terapkan dalam iklan bisnis Anda. Misalnya ketika Anda ingin mengiklankan produk set kosmetik, Anda dapat membuat meme dengan teks iklan yang dikustomisasi berupa “Kamu beliin dia Mediheal X BTS Mask Set? It’s my dream mas, not hers!!!” yang mana teks ini berasal dari insight trend potongan percakapan pada drama indonesia yang saat ini sedang populer.
  3. Frasa unik bikin audience tertarik
    Salah satu kunci menciptakan ketertarikan audience adalah dengan menggunakan frasa yang unik pada teks iklan yang Anda buat. Audience memiliki kecenderungan untuk tertarik dan mengingat konten iklan yang memiliki catch line yang baik. Misalnya ketika Anda berniat untuk mengiklankan produk ayam goreng, Anda dapat membuat teks iklan seperti “Beli Ayam, Gratis Sawah” dengan penjelasan bahwa Sawah yang dimaksud adalah Sambal Ayam yang WAH. Frasa unik seperti ini dapat membuat audience lebih cepat tertarik dan engage dengan iklan yang Anda buat. 
  4. Ciptakan teks yang singkat, padat namun bermanfaat
    Hampir di setiap artikel yang berbicara tentang cara membuat teks iklan yang menarik terdapat saran untuk membuat teks yang singkat dan padat. Namun sebenarnya singkat dan padat saja belum cukup untuk menarik audience. Teks iklan seharusnya singkat, padat dan bermanfaat, mengingat audience memiliki kecenderungan untuk tertarik pada suatu barang/jasa yang dianggap memiliki nilai (value) yang unik atau lebih daripada yang lain. Misalnya jika Anda berniat untuk mengiklankan produk lipstik, Anda dapat mengatakan “Lippie Lipstick, Keajaiban 2 in 1 untuk bibir dan rona pipi yang cantik”. Audience kemungkinan besar akan tertarik karena mengetahui kegunaan lipstick Anda yang lebih besar daripada lipstick lainnya. 
  5. Sisipkan kata ajaib pemikat audience
    Kata-kata ajaib? Yup! Anda dapat memikat audience dengan sederet kata ajaib. Gunakan beberapa kata dan frasa yang kuat serta memikat bagi audience, seperti “promo”, “gratis”, “bonus”, “terbukti”, serta banyak kata lainnya yang menunjukkan jaminan atau keuntungan ketika audience memilih produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Misalnya ketika Anda menawarkan produk perawatan tubuh, Anda dapat menggunakan beberapa kata ajaib dalam membuat teks iklan seperti “Fair and Beauty, Terbukti Mencerahkan Bahkan Sejak Pemakaian Pertama”. Anda juga bisa menambahkan kalimat “Promo beli 1 gratis 1” atau “Beli 2 bonus Slimming Tea” dalam teks iklan yang Anda buat.

 

Lima tips diatas dapat Anda terapkan untuk membuat teks iklan Anda menjadi lebih menarik dan impactful. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk mencoba membuat teks iklan Anda sendiri?

 

Penulis: Dewi Kurnia Agustine (Copywriter)