Pada era digital saat ini, terdapat banyak strategi dalam digital marketing yang baik untuk digunakan pada segala tipe bisnis, salah satunya adalah SEO. Search Engine Optimization (SEO) merupakan suatu strategi digital marketing yang dapat membantu brand dalam meraih peringkat yang baik untuk sebuah website pada hasil pencarian organik. Saat ini, SEO merupakan hal yang penting karena setiap tahunnya, lebih dari satu juta pertanyaan diajukan pada mesin pencarian. Oleh karena itu, apabila website Anda tidak terdapat pada mesin pencarian, maka Anda akan kehilangan banyak sekali kesempatan seperti kehilangan seseorang yang berpotensi dalam mengakses website Anda, melihat konten Anda, dan membeli produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

SEO dapat membantu setiap audiens untuk mengoptimalkan sebuah website dengan memberikan informasi yang mereka cari kepada pencari informasi dan mengajak mereka untuk mengunjungi website yang relevan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Kunjungan tersebut merupakan “Kunjungan Pencarian Organik”, sehingga apabila sebuah website tidak mengimplementasikan SEO, seperti Technical SEO, On-Page SEO, atau Off-Page SEO, maka website mereka akan kehilangan potensi pencarian organik yang dapat dioptimalkan dengan hal tersebut.

Tren SEO selalu mengalami perubahan setiap tahunnya seiring dengan perubahan pada algoritma pencarian Google.  Search Engine Journal merilis 10 Strategi SEO Terbaik pada Tahun 2021 yang dapat digunakan brand untuk mengoptimalkan website mereka dengan performa SEO,

  1. Tren #1: Fokus pada pengguna + Arti dari percakapan
  2. Tren #2: Analisa konsumen, Penyimpanan & Nilai guna
  3. Tren #3: Optimisasi Brand SERP, Grafik Pengetahuan & Entitas
  4. Trend #4: Core Web Vitals & Page Experience Optimization
  5. Trend #5: All SEO Is Mobile SEO
  6. Trend #6: Assess, Adopt & Execute
  7. Trend #7: More Automation
  8. Trend #8: SERP Layout & Functionality Changes
  9. Trend #9: Long-Form Content
  10. Trend #10: SEO Scalability

Dari data yang didapat, kita bisa mendapatkan sebuah pengetahuan baru yang harus difokuskan sebuah brand mengenai perilaku audiensnya, seperti informasi seperti apa yang mereka butuhkan, penggunaan kata kunci seperti apa yang digunakan, dan hal yang paling penting adalah perangkat apa yang mereka gunakan sehingga kita dapat melaksanakan strategi yang relevan untuk mengoptimalkan performa.

Ketika kita berbicara soal membangun strategi yang efektif, kita harus memiliki urutan yang benar untuk meraih digital objectives dan brand objectives. Di Suitmedia - agency digital Jakarta, kami menggunakan 4D Suitmedia framework untuk menjawab segala permasalahan SEO klien atau brand. Framework tersebut termasuk:

  • Menemukan permasalahan pada brand atau audiens dan aset digital mengenai implementasi SEO.
  • Menentukan kata kunci dan SEO prioritization (technical, on-page, dan off-page) sehingga kami dapat memberikan saran mengenai implementasi apa yang harus dilakukan.
  • Memberikan saran dalam hal digital berupa strategi dari fase sebelumnya dan apa yang harus dilakukan brand untuk meraih kepemilikan kata kunci yang baik, volume pencarian organik, dan matriks lainnya yang relevan pada objective yang ada.
  • Menentukan hasil dari strategi yang disarankan. Sebagai SEO Specialist atau digital marketers, kami selalu mengukur efektivitas, performa, dan hasil yang terukur yang didapatkan dari strategi. Melakukan pengujian AB untuk menentukan strategi SEO seperti apa yang cocok dengan permasalahan yang ada.

Framework tersebut dapat memenuhi pendekatan terbaik untuk membangun strategi yang efektif karena situasi yang dihadapi setiap brand berbeda.

Penulis: Farhan Fauzan (Media Manager)