Pandemi COVID-19 yang menimpa seluruh dunia termasuk Indonesia membuat masyarakat lebih memilih untuk tetap di rumah dibandingkan dengan pergi keluar untuk mencari makanan. Pada saat seperti ini, pelaku bisnis harus dapat beradaptasi dengan situasi dan tantangan yang terjadi karena adanya pandemi. Banyak cara untuk melakukan hal tersebut, salah satunya adalah melalui solusi strategi digital serta website development untuk mendukung bisnis yang ada.

Strategi digital dapat membuka banyak peluang baru. Pelaku bisnis dapat menggunakan platform digital untuk memberikan suatu ulasan, mengenal lebih jauh apa yang menjadi kebutuhan konsumennya, menyederhanakan proses bisnis, mengidentifikasi produk yang diminati, merubah produk ke dalam bentuk digital sehingga mudah untuk dibagikan, menambahkan stock produk, dan memberikan insentif kepada pegawai yang berkinerja baik.

Dalam upaya menjaga arus pemasukan yang positif, bisnis dapat berfokus pada promosi pengiriman antar, menggunakan database dari konsumen untuk memberitahu mengenai promosi melalui email, text messages, dan promo penggunaan pembayaran digital.

Memfokuskan pada takeout deliveries telah menjadi strategi utama karena data menunjukkan bahwa terdapat perubahan pada perilaku konsumen dimana lebih banyak orang lebih memilih untuk melakukan takeout delivery. Memesan makanan secara online menjadi sangat mudah karena orang dapat memesan makanan dari mana saja, termasuk dari rumah mereka sendiri.

Oleh karena itu, website e-Commerce dan media digital dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan, mengurangi biaya operasional bisnis, dan meningkatkan margin profit bagi bisnis Anda. Berikut manfaat yang ditawarkan oleh e-Commerce dan media digital kepada bisnis makanan dan minuman:

  1. Target yang lebih tepat dan lebih personal
    Digital marketing dengan menggunakan e-Commerce dan media digital lainnya memungkinkan Anda untuk mengumpulkan, menganalisa, dan menggunakan informasi dan data konsumen dengan mudah. Anda dapat melacak perilaku pembelian yang memberikan peluang lebih besar untuk melakukan personalisasi promosi dan penawaran lainnya dengan lebih akurat.
  2. Strategi Konten Marketing
    Persona online memudahkan Anda dalam menyediakan informasi lebih lengkap mengenai produk dan jasa kepada konsumen. Situs yang populer dapat membantu penjual untuk menyediakan konten utama kepada konsumen. Konten produk utama berisikan deskripsi produk yang lebih terperinci, perbandingan produk, ketersediaan stock, dan harga. Informasi ini dapat membantu konsumen dalam membuat keputusan pembelian.
  3. Fleksibilitas
    Pemesanan online memungkinkan konsumen untuk memesan kapan saja, dimana saja dengan menggunakan handphone, tablets, atau perangkat lainnya, sehingga proses pemesanan makanan menjadi lebih mudah.
  4. Order dalam skala besar
    Konsumen dapat melihat menu tanpa merasa terburu-buru, sehingga mereka akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk memutuskan apa yang ingin dipesan. Karena semakin banyak waktu yang dihabiskan maka mereka akan melihat lebih banyak menu, yang memungkinkan mereka untuk order lebih banyak.
  5. Menjangkau lebih luas
    Melalui pemesanan online, Anda dapat menjangkau banyak orang pada waktu yang sama tanpa harus mengeluarkan investasi yang lebih besar pada staff maupun infrastruktur.

Ketika Anda memilih menggunakan e-Commerce, ribuan brand yang serupa juga akan ditampilkan, walaupun Anda menjual produk yang unik. Produk Anda mungkin akan kalah saing dengan kompetitor dan akan sulit untuk stand out. Dengan menggunakan web store pribadi, Anda bisa fokus 100% pada brand dan strateginya. Orang mengunjungi website Anda karena mereka ingin mengetahui lebih lanjut mengenai brand.

Penulis: Maritza Syavira (System Analyst)