Mayoritas bisnis pada saat ini telah mengalami proses digitalisasi kedalam ranah mobile. Statista.com mengatakan bahwa pangsa mCommerce dalam seluruh e-Commerce akan mengalami peningkatan sebesar 72.9% pada tahun 2021.

Mobile application memiliki berbagai manfaat bagi bisnis Anda. Beberapa manfaat tersebut telah dirangkum dalam daftar di bawah ini:

  1. Aksesibilitas
    Sebuah aplikasi dapat menawarkan berbagai fitur menarik yang dapat diakses dengan mudah sekaligus memberikan tantangan pada mobile development dan berinovasi terhadap produk yang ada.
  2. Keterikatan
    Mobile app memungkinkan konsumen untuk mendapatkan update secara langsung mengenai produk dan jasa, sehingga feedback yang didapatkan dari konsumen dapat dijadikan acuan dalam meningkatkan kepuasan konsumen.
  3. Mengumpulkan Data
    Mobile app dapat membantu untuk melakukan ekspansi dengan mengumpulkan data melalui survey pada aplikasi. Data tersebut dapat digunakan untuk melakukan personalisasi produk dan jasa.

Setelah mengetahui manfaat dari penggunaan mobile app, langkah selanjutnya adalah memaksimalkan penggunaan mobile app yang dapat dicapai dengan mengetahui potensi tren mengenai pengembangan mobile app di tahun 2021, antara lain:

  1. Aplikasi Pekerjaan & Pembelajaran Jarak Jauh
    Penggunaan mobile app diprediksi akan meningkat, banyak orang akan membutuhkan aplikasi untuk melakukan task management, online meeting atau konferensi, chat, dan email, serta aplikasi pembelajaran untuk mengakses pendidikan secara online. Tentunya peran mobile development yang baik akan sangat menentukan kesuksesan sebuah aplikasi.
  2. Mobile e-Commerce
    Aktivitas penggunaan m-Commerce meningkat setiap harinya karena dapat memudahkan penggunanya. Statista.com mengatakan bahwa pada tahun 2021, penjualan m-Commerce akan meningkat hingga 53.9% dari seluruh penjualan e-Commerce.
  3. Aplikasi On Demand
    Aplikasi On-Demand memungkinkan konsumen untuk memenuhi berbagai kebutuhannya dari rumah. Pada tahun 2021, penggunaan aplikasi on-demand akan semakin bertambah dan menjadi penggunaan sehari-hari.
  4. Pembayaran & dompet digital
    Untuk memudahkan proses transaksi, mobile e-Commerce dan aplikasi on-demand memberikan pilihan pembayaran menggunakan pembayaran digital yang memungkinkan untuk melakukan pembayaran tanpa kontak melalui smartphones pengguna.
  5. Aplikasi mobile yang lebih canggih: AI, AR, VR, IoT, atau Beacon
    Advanced mobile app juga akan menjadi tren pada tahun 2021. Teknologi VR dan AR dapat membantu meningkatkan penjualan perusahaan. IoT memungkinkan beberapa perangkat terkoneksi melalui jaringan dan dapat dioperasikan melalui satu mobile app. Beacon atau Aplikasi Bluetooth bertenaga rendah membantu konsumen untuk mengetahui bisnis offline Anda.

Pada tahun 2021 kemungkinan besar situasi yang disebabkan oleh pandemi belum akan mengalami perubahan secara signifikan. Hal ini akan berdampak pada tren dan penggunaan mobile app di tahun 2021, antara lain:

  1. Menjauhi kerumunan & tetap di rumah
    Aturan untuk menjaga jarak dan tetap di rumah membuat banyak orang menggunakan mobile app untuk membantu aktivitas sehari-hari. Penggunaan aplikasi on-demand, mobile e-Commerce, aplikasi streaming, aplikasi media sosial, dan aplikasi games juga akan mengalami peningkatan pada tahun 2021.
  2. Tanpa kontak
    Pemberlakuan aturan pada masa new normal membuat pembayaran tanpa kontak menjadi solusi karena memungkinkan bisnis terus berjalan namun tetap mengutamakan keselamatan. Pembayaran digital diprediksi akan terus meningkat pada tahun 2021.
  3. Jasa Kesehatan
    Aplikasi telemedicine memungkinkan penyedia kesehatan memberikan jasa yang aman.  Aplikasi ini dapat membantu melakukan konsultasi bersama dokter, mendapatkan resep obat, dan pendaftaran online rumah sakit. AI juga dapat membantu mengidentifikasikan penyakit dari data yang ada.

Dari tren-tren yang telah disebutkan, aplikasi mobile memiliki lebih banyak fitur dan fungsi, yang akan meningkatkan pengalaman pengguna khususnya selama situasi pandemi.

Penulis: Ardian Franindo (Technical Director)