Search Engine Optimization (SEO) merupakan solusi untuk mengoptimalkan website/aplikasi melalui mesin pencarian. Tujuan dari SEO adalah membuat aplikasi mencapai peringkat teratas pada hasil pencarian. Sehingga jika strategi SEO tidak diterapkan, maka rating, traffic, dan visibilitas dari sebuah aplikasi akan mengalami masalah.

App Store Optimization (ASO) adalah sebuah aplikasi mobile untuk SEO yang bertujuan untuk menjadikan aplikasi Anda meraih peringkat teratas sehingga akan lebih mudah untuk diketahui oleh target audiens. Walaupun demikian, masih banyak pengguna yang memanfaatkan mesin pencarian di luar platform distribusi, seperti Google untuk mencari aplikasi yang diinginkan. Oleh karena itu, SEO dan ASO merupakan dua hal yang harus dikombinasikan secara optimal.

Terdapat dua cara utama agar sebuah aplikasi dapat mencapai peringkat atas pada hasil pencarian mobile, yaitu dengan melalui:

  1. App Preview: Jika seseorang menggunakan perangkat selulernya untuk mengetik nama aplikasi, tergantung pada seberapa baik hal tersebut dioptimalisasikan, gambaran dari aplikasi akan muncul.
  2. App Pack: Aplikasi serupa (30 sampai 100) akan disatukan untuk membentuk kumpulan aplikasi ini dan dapat ditemukan pada mesin pencarian dengan kata kunci tertentu.

Untuk meningkatkan peringkat pada aplikasi dapat dengan melakukan strategi pengoptimalan App Store pada tahap mobile development, seperti :

  1. Nama aplikasi: Nama aplikasi menjadi penting karena nama tersebut akan tercantum pada Google Search dan pada pencarian app store. Sebaiknya menggunakan kalimat yang pendek namun tetap informatif dan relevan.
  2. Kata kunci: Menggunakan kata kunci yang tepat dengan memanfaatkan Google Keyword Planner akan membantu dalam meningkatkan peringkat aplikasi.
  3. Nilai & ulasan: Aplikasi yang memiliki nilai serta ulasan yang bagus, akan membuat aplikasi berada pada posisi teratas di App Store.
  4. Backlinks: Semakin banyak link yang terhubung langsung kepada laman aplikasi, semakin baik pula peringkatnya karena backlink akan menaikkan kekuatan dari domain.
  5. App Screenshot.

Jika ingin menghitung performa SEO dari aplikasi, dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat ASO seperti App Radar, App Annie, atau perangkat lainnya. ASO tools memungkinkan Anda untuk melacak peringkat di app store, menemukan keywords, dan mengimplementasikan hal tersebut ke dalam list app store.

Untuk meningkatkan peringkat ASO pada aplikasi, dibutuhkan:

  1. Periksa pelacakan kata kunci

Fitur Pelacakan Kata Kunci dapat membantu dalam melacak dan mengetahui volume dan tingkat kerumitan pencarian. Fitur ini juga memungkinkan Anda untuk melihat posisi atau perubahan peringkat aplikasi.

Apabila sebuah aplikasi telah masuk dalam daftar App Store atau Google Play, maka harus segera dicari tahu kata kunci yang membuat aplikasi menduduki peringkat. Lakukan analisa secara berkala untuk mengetahui performa dari setiap kata kunci.

  1. Update secara berkala tampilan aplikasi Anda
  • Jangan terlalu sering mengganti tampilan ikon aplikasi agar tidak sulit dikenali oleh pengguna
  • Pastikan App screenshots sesuai dengan tren yang sedang berkembang
  • Dalam membuat app preview dan video promo, ikutilah perkembangan tren yang ada.

Dengan mengoptimalisasikan informasi aplikasi, Anda dapat mencapai pencarian organik tertinggi. Jika Anda tahu bagaimana mengimplementasikan SEO dan ASO pada mobile app ditambah dengan mobile development yang baik, Anda berada pada jalur yang tepat dalam memajukan aplikasi bisnis Anda.

Penulis: Khairunnisa Rofifah (Lead Mobile Analyst)